PENGARUH PERFEKSIONISME TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI (UNJANI)

Penulis

  • Rachmat Taufiq Fakultas Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani

Kata Kunci:

perfeksionisme, prokrastinasi akademik, mahasiswa tahun pertama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perfeksionisme terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tahun pertama UNJANI (Angkatan 2021). Perfeksionisme diduga memiliki pengaruh yang signifikan pada munculnya sikap prokrastinasi akademik (Kurtovic, dkk., 2019). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Perfeksionisme dari Hewitt dan Flett (1991) dan teori Prokrastinasi Akademik dari Tuckman (2002). Penelitian ini termasuk penelitian kausalitas dengan pendekatan deduktif terhadap subjek sebanyak 316 mahasiswa tahun pertama UNJANI menggunakan teknik sampling cluster accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner google form. Alat ukur variabel perfeksionisme yang digunakan yaitu hasil modifikasi dari Septiani, dkk. (2019) dengan nilai alpha cronbach sebesar 0,877. Alaat ukur variabel prokrastinasi akademik yang digunakan yaitu hasil modifikasi dari Mahardhika (2018) dengan nilai alpha cronbach sebesar 0,852. Hasil penelitian menunjukkan koefisien regresi perfeksionisme terhadap prokrastinasi akademik (R2) = 0,029 dengan signifikansi p = 0,002 (p sig. < 0,05), hal tersebut menunjukkan bahwa perfeksionisme secara signifikan memiliki pengaruh terhadap prokrastinasi akademik sebesar 2,9%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lemah antara perfeksionisme secara keseluruhan terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa tahun pertama UNJANI. Artinya, semakin tinggi perfeksionisme yang dilakukan oleh mahasiswa, maka akan diikuti dengan semakin tinggi (positif) pula prokrastinasi akademiknya. Saran dari peneliti adalah agar mahasiswa tahun pertama diharapkan menggunakan waktunya sebaik mungkin dan lebih bijak dalam melakukan proses pencapaian targetnya sehingga tetap dapat memiliki keyakinan perfeksionisme adaptif.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-10

Cara Mengutip

Taufiq, R. (2022). PENGARUH PERFEKSIONISME TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS JENDERAL ACHMAD YANI (UNJANI). RELIABEL, 8(01), 8–18. Diambil dari http://reliabel.unjani.ac.id/index.php/Psikologi/article/view/20

Terbitan

Bagian

Articles