KONTRIBUSI SELF EFFICACY TERHADAP STATE ANXIETY PADA MAHASISWA YANG MENYUSUN SKRIPSI DI FAKULTAS PSIKOLOGI UNJANI
Kata Kunci:
self efficacy, state anxiety, mahasiswaAbstrak
Pada mahasiswa tingkat akhir, penyusunan skripsi merupakan salah satu tugas yang wajib dilakukan dalam rangka memperoleh gelar sarjana. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kontribusi self-efficacy terhadap state anxiety pada mahasiswa yang menyusun skripsi di Fakultas Psikologi UNJANI periode 2019-2020. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori self-ffficacy dari Bandura (1997). Ia menyatakan terdapat 3 dimensi dari self-efficacy yaitu: level, strength, dan generality. Sedangkan Teori Anxiety yang digunakan dari Spielberger (1996). Komponen dari anxiety sendiri terdiri dari : tension, nervoussness, worry, dan apprehension. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pengukuran kuantitatif. Sampel berjumlah 127 mahasiswa, yang diambil dengan menggunakan teknik simple stratified random sampling. Data diperoleh melalui 2 alat ukur, yaitu alat ukur self efficacy yang disusun sendiri oleh peneliti, dan STAI (State Trait Anxiety Inventory) dari Spielberger (1996). Pengujian reliabilitas alat ukur self-efficacy menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil 0.953. Alat ukur State Anxiety menggunakan STAI (State Trait Anxiety Inventory) memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,940. Data dianalisa menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy berpengaruh secara signifikan terhadap state anxiety mahasiswa yang menyusun skripsi di Fakultas Psikologi UNJANI periode 2019-2020.